KEUTAMAAN IBADAH UMRAH DI BULAN RAMADHAN

Oleh : Abdul Muiz Hazin

Ibadah umrah adalah salah satu ibadah yang mulia yang merupakan sarana “taqarrub ilallah”(mendekatkan diri kepada Allah). Banyak pelajaran dan keutamaan (fadhilah) yang terkandung dalam ibadah umrah, selain keutamaan beribadah di Tanah Suci seperti shalat di masjid al-Nabawi, khususnya di Raudhah, shalat di masjidil Haram Makkah, berdoa di tempat-tempat istijabah dan lain-lain.

Pada bulan Ramadhan, kaum muslimin di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia yang melaksankan ibadah umrah lebih banyak dibanding bulan-bulan biasa. Hal ini disebabkan Fadilah / keutamaan umrah di bulan Ramadhan lebih tinggi di banding umroh di bulan-bulan biasa. Walaupun umummnya biaya untuk melaksanakan ibadah umroh di bulan Ramdhan jauh lebih mahal di banding bulan lainnya, tidak sedikit kaum muslimin yang melaksanakan ibadah umrah di bulan suci Ramdhan, karena ingin mendapatkan dua keutamaan, yaitu keutamaan atau fadhilah ibadah umrah serta fadhilah ibadah di tanah suci pada bulan Ramadhan.

Keutamaan Ibadah Umrah
Secara garis besar, ibadah umrah mempunyai beberapa keutamaan :
• Umrah mengandung pelajaran agar manusia melakukan instrospeksi diri atas amal perbuatannya sehari-hari.
• Umrah mengandung pelajaran agar manusia mencitrakan diri sebagai hamba Allah Swt. yang patuh dan taat pada segala perintah-Nya dan menjauhi segala yang dilarang-Nya
• Ibadah umrah merupakan “rihlah muqaddasah” (perjalanan suci) sehingga seluruh kegiatannya merupakan ibadah yang akan mendapat pahala dan ridha Allah
• Sebagai syi’ar yang mengandung esensi menyucikan dan membesarkan nama Allah seperti terdapat dalam kalimat talbiyyah.
• Ibadah umrah sebagai pelebur dosa, sebagaimana sabda nabi “antara umrah dengan umrah yang lain adalah pelebur dosa…”
• Orang yang melaksanakan umrah adalah tamu Allah sebagaimana sabda nabi “delegasi Allah ada tiga (3) yaitu, orang yang menunaikan ibadah haji, orang yang melaksanakan ibadah umrah dan dan orang yang berperang.”
• Infaq (biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan ibadah umrah memiliki keutamaan disisi Allah

Keutamaan Di Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, yang di dalamnya Allah SWT melipat gandakan pahala setiap hamba yang beramal, dan membukakan pintu-pintu kebaikan, bulan yang penuh berkah dan rahmat serta ampunan. Keutamaan di bulan Ramadhan sangat banyak dijelaskan dalam nas al-Qur’an dan al-Hadith.

Secara garis besar, bulan Ramadhan mempunyai beberapa keutamaan :
• Do’a orang yang berpuasa dalam bulan Ramadhan adalah do’a yang tidak akan ditolak
• Allah yang secara langsung membalas puasa orang-orang yang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan
• Allah akan menjauhkan orang-orang yang melaksanakan puasa dibulan Ramadhan dari api neraka
• Pada setiap hari di bulan Ramadhan, surga akan diahias oleh Allah
• Pada bulan Ramadhan, setan-setan dibelenggu sehingga tidak bisa mengganggu dan menyesatkan orang-orang yang beriman sebagaimana mereka mengganggu pada bulan-bulan selainnya
• Pada bulan Ramadhan para malaikat mendoakan ampunan untuk orang-orang yang berpuasa hingga mereka berbuka

Keutmaan Umrah Bulan Ramdhan
Dengan melihat keutamaan yang terkandung dalam ibadah umrah dan bulan Ramadhan, maka dapat difahami bahwa Umrah Ramadhan mempunyai banyak keutamaan, Pertama, ibadah umrah itu sendiri merupakan ibadah yang utama., dan yang kedua, Ramadhan merupakan bulan yang sangat berkah. Dengan demikian perpaduan umrah dan Ramadhan akan menghasilkan keutamaan-keutamaan yang sangat besar, itu sebabnya Rasulullah menganjurkan umrah pada pada bulan Ramadhan seperti tertulis dalam hadits Rasulullah yang masyhur dan shahih “Barangsiapa yang umrah bersamaku di bulan Ramadhan nilainya sama dengan pergi haji bersamaku”.

Yang kedua, pada bulan Ramadhan, ada satu hari yang akan turun “Lailatul qadar”, yang merupakan satu malam yang nilainya lebih baik dari 1.000 bulan. Jadi, selain setiap saat pelaksanaan ibadah dibalas dengan kebaikan yang berlipat-lipat karena dilaksanakan di tempat dan waktu yang mulia, ada kemungkinan bertemu dengan “Lailatul qadar”.
Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa. Setiap amal dilipatgandakan berlipat-lipat. Ramadhan juga merupakan kesempatan untuk memohon ampun atas segala dosa. Karena itu, sangat dianjurkan bagi mereka yang mampu untuk menunaikan ibadah Umrah pada bulan Ramadhan, karena umrah Ramadhan sangat istimewa, seluruh amal saleh akan dilipatgandakan balasannya sampai tak terhingga.

Testimoni

You must be logged in to post a comment.