Penjelasan Tawaf dan Ragamnya

Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, dimana tiga putaran pertama dengan lari – lari kecil (jika mungkin), dan selanjutnya berjalan biasa. Tawaf dimulai dan berakhir di Hajar Aswad ( tempat batu hitam ) dengan menjadikan Baitullah disebelah kiri. Macam macam Tawaf diantanya adalah :

Tawaf Ifadah
Tawaf Ifadah adalah salah satu dari beberapa rukun haji, yang harus dilaksanakan sendiri jika tidak ingin hajinya batal. Tawaf ini disebut juga Tawaf Ziarah atau Tawaf Rukun.

Tawaf Qudum
Tawaf Qudum atau disebut juga Tawaf Dukhul adalah tawaf pembukaan atau tawaf selamat datang yang dilakukuan pada waktu jama’ah baru tiba di Mekah.

Tawaf Wada
Tawaf Wada atau disebut juga tawaf perpisahan adalah salah satu ibadah wajib dilaksanakan sebagai pernyataan perpisahan dan penghormatan kepada Baitullah dan Masjidil Haram.

Tawaf Sunat
Tawaf Sunat adalah tawaf yang bisa dilakukan kapan saja. Kalau dilakukan saat baru memasuki Masjidil Haram, Tawaf ini berfungsi sebagai pengganti shalat Tahiyatul Masjid. Tawaf sunat inilah yang dimaksud atau disebut Tawaf Tathawwu.

Testimoni

You must be logged in to post a comment.